Begini Cara Mengukur Kedalaman Lau「Indonesia Gaming」t

  • 时间:
  • 浏览:0

CIndonesia Gamingara IIndonesia Gamingndonesia Gaminglain untuIndonesia Gamingk Indonesia Gamingmengukur kedalaman laut adalah radar. Cara kerja radar hampir mirip dengan sonar, namun data yang didapatkan tidak secepat sonar.

Cara paling mudah dan cepat untuk mengukur kedalaman laut adalah dengen gelombang suara. Kapal memiliki teknnologi sonar, yang mengeluarkan suara untuk memetakan topografi dasar laut.

Selain itu, peneliti juga menyebutkan bahwa permukaan dasar laut tidak rata dan memiliki rata-rata kedalaman sekitar 3.700 meter. Selain itu, terdapat bagian laut terdalam di Palung Mariana yang memiliki kedalaman hingga 11.000 meter.

Baca juga: 6 Hewan Penghuni Laut Dalam, Ada yang Hidup Di Indonesia

KOMPAS.com - Lautan adalah bagian dari Bumi yang masih penuh misteri dan sulit untuk dipelajari. Lautan yang begitu luas dengan keanekaragaman organisme di dalamnya seolah menjadi pesona tersendiri.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.

Daftarkan email

Pada beberapa film Hollywood digambarkan beberapa hewan laut yang besar dan mematikan yang menyerang manusia. Contohnya adalah film yang mengangkat cerita ikan hiu megalodon yang menyerang manusia di kapal.

Ternyata ikan hiu megalodon tidak hidup di laut dangkal dan hanya berkemungkinan kecil bertemu dengan manusia. Hiu satu ini hidup di laut dengan kedalaman 2.000 meter.

Cara mengukur kedalaman laut ini dipelajari dalam batimetri. Batimetri digunakan unutk mengukur berbagai kedalaman air, mulai dari sungai, danau, hingga lautan.

Nama alat sonar yang digunakan oleh National Oceanis and Atmospheric Association (NOAA) adalah Multibeam Echosounders. Kapal yang sedang memetakan kedalaman laut di suatu daerah akan bergerak maju dan mundur untuk bisa memetakan area dasar laut dengan akurat.

Alat ini memanfaatkan sifat suara yang memantul. Alat akan mengirimkan suara ke dasar laut dan menghitung waktu gelombang suara kembali ke alat sonar pada kapal. Dengan teknik ini, peneliti bisa mengetahui kedalaman lautan.

Dilansir dari National Institute of Standards and Technology, terdapat dua cara untuk mengukur kedalaman laut.