Ingin M「Football Handicap app」enjebak Seorang Pembohong? Begini Caranya Halaman 2

  • 时间:
  • 浏览:0

BFooFootball Handicap apptball HaFootball Handicap appndicap appahkan tFootball Handicap appeFootball Handicap apprkadang, untuk lebih meyakinkan, mereka membumbuinya dengan berbagai sumpah atas nama Tuhan dan sebagainya.

Atau, seseorang yang berbohong justru akan menceritakan suatu kejadian dengan sangat singkat dan mengakhirinya dengan sangat mudah. Ketika menceritakan ini, ia juga akan minim ekspresi.

Cara lainnya, adalah dengan mengajak bicara secara halus dan tenang. Di akhir cerita mereka, Anda bisa menanyakan apakah ada hal lain lagi yang akan mereka sampaikan.

Baca juga: Redakan Kecemasan, Peluk Diri Sendiri dengan Butterfly Hug

3. Minim ekspresi

Baca juga: Manajemen Stres di Masa PPKM untuk Kaum Ekstrovert dan Introvert

Salah satunya adalah dengan meminta si pembohong menceritakan kisahnya secara terbalik. Karena tak menceritakan kejadian yang sesungguhnya, pembohong biasanya akan gelagapan karena tak sempat menyusun skenario secara terbalik.

Seseorang yang menceritakan kejujuran selalu memiliki ekspresi yang "berwarna-warni", berubah-ubah sesuai alur cerita. Ia juga akan menceritakan suatu kejadian dengan urutan yang tak berurutan, sesuai dengan pengalaman emosi yang dialaminya.

Di kondisi ini, perubahan mental dan ketenangan yang mereka miliki akan bisa terbaca dengan jelas.  

Mayer menyarankan beberapa trik untuk menjebak seorang pembohong. Dengan trik ini, maka Anda akan semakin yakin bahwa orang di hadapan Anda tak mengatakan kejujuran.

Pembohong hanya akan mengarang skenario dalam alur maju bukan dalam alur mundur. Ketika diminta menceritakan secara mundur, akan ada banyak perubahan cerita yang terjadi di sana-sini. 

"Dengan cara ini, Anda bisa membangun lingkaran kepercayaan di sekitar Anda. Orang akan berpikir dua kali untuk membohongi Anda kalau mereka tahu Anda orang yang tenang juga jujur," pungkas Mayer.

Ketika sudah melihat ada dua hingga tiga tanda yang ada, maka jebaklah lawan bicara Anda.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.

Daftarkan email

Tanda kedua, pembohong juga biasanya mengemukakan terlalu banyak detil dalam sebuah cerita. Hal ini mereka gunakan untuk meyakinkan lawan bicaranya.

Baca juga: Hati-hati, Mimpi Buruk Bisa Jadi Penanda Ada Masalah dalam Diri