Antis「Lottery App」ipasi Corona, Efektifkan Hand Sanitizer Lindungi Diri dari Penyakit?

  • 时间:
  • 浏览:0

DilLLottery Lottery Lottery Appappappottery AppaLottery Appnsir dari Live Science, Sabtu (7/3/2020); bahan utama dari kebanyakan hand sanitizer adalah alkohol.

Kelebihan lain dari alkohol adalah tidak menyebabkan resistensi pada bakteri sehingga bila digunakan terus-terusan pun, ia akan tetap efektif membunuh bakteri.

Alkohol ini ada bermacam-macam dengan yang paling umum adalah ethanol. Selain itu, ada juga propanol dan isopropanol yang juga umum digunakan sebagai bahan aktif dalam disinfektan. Ketiganya sangat mudah dilarutkan dalam air.

Baca juga: Heboh Covid-19 di Indonesia, Ketahui Bahaya Keseringan Pakai Hand Sanitizer

Baca juga: Hand Sanitizer Handmade Tak Efektif Cegah Penyebaran Virus Corona

Hasil analisis yang diterbitkan pada tahun 2014 dalam jurnal Clinical Microbiology Reviews mengungkapkan bahwa alkohol dengan konsentrasi mulai dari 30 persen bisa merusak protein patogen, serta memecah sel patogen atau menganggu metabolisme sel.

Kesadaran ini juga didukung dengan disediakannya hand sanitizer di tempat-tempat umum untuk membersihkan tangan ketika air dan sabun tidak tersedia.

Namun, bagaimana sebetulnya cara hand sanitizer bekerja? Bisakah mengolesi tangan dengan hand sanitizer melindungi diri kita dari penyakit?

Semakin bertambah konsentrasinya, semakin kuat dan cepat pula efek alkohol pada patogen.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.

Daftarkan email

KOMPAS.com - Sejak diumumkannya kasus positif Covid-19 di Indonesia, banyak orang yang kemudian menjadi lebih sadar akan perilaku hidup bersih dan sehat.

Akan tetapi, untuk membunuh bakteri dan virus secara luas, diperlukan alkohol dengan konsentrasi 60-95 persen. Lebih dari 95 persen, efektifitas alkohol terhadap patogen tidak bertambah lagi.

Nah, alkohol memang telah terbukti mampu membunuh patogen yang menyebabkan penyakit.